Headlines

Tantangan dan Peluang di Dunia Farmasi: Perspektif Mahasiswa Sekolah Farmasi – Artikel ini berisi wawancara dengan mahasiswa Sekolah Farmasi yang membahas tantangan dan peluang yang mereka hadapi di dunia farmasi. Mereka juga membagikan pengalaman mereka dalam menghadapi tantangan tersebut.


Tantangan dan Peluang di Dunia Farmasi: Perspektif Mahasiswa Sekolah Farmasi

Farmasi adalah bidang yang berperan penting dalam penyediaan dan pengelolaan obat. Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, dunia farmasi terus mengalami perubahan yang signifikan. Tantangan dan peluang di dalamnya juga semakin kompleks. Untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas mengenai hal ini, kami melakukan wawancara dengan beberapa mahasiswa Sekolah Farmasi. Mereka berbagi pengalaman dan pandangan mereka tentang tantangan dan peluang yang dihadapi di dunia farmasi.

Salah satu tantangan utama yang mereka sebutkan adalah perkembangan teknologi dan inovasi di industri farmasi. Mahasiswa-mahasiswa ini menyadari bahwa mereka harus terus memperbarui pengetahuan mereka agar dapat mengikuti perkembangan terkini. Salah satu mahasiswa, Andi, mengatakan, “Kami harus terus mengikuti tren dan inovasi baru dalam industri farmasi. Misalnya, penggunaan teknologi informasi dalam manajemen obat dan sistem pengiriman obat yang lebih efektif.”

Selain itu, mahasiswa-mahasiswa ini juga menyadari tantangan dalam menjaga kualitas obat yang disediakan kepada masyarakat. Mereka menekankan pentingnya pengawasan mutu dan keamanan obat. Fara, salah satu mahasiswa, mengungkapkan, “Kami harus memastikan bahwa obat yang kami sediakan adalah obat yang berkualitas tinggi dan aman untuk digunakan oleh pasien. Ini bisa menjadi tantangan, terutama ketika kita harus memeriksa banyak obat yang berbeda.”

Di sisi lain, mahasiswa-mahasiswa ini juga melihat banyak peluang yang tersedia di dunia farmasi. Salah satunya adalah peluang untuk berkarir di berbagai sektor, seperti industri farmasi, rumah sakit, atau penelitian. Mereka menyadari bahwa bidang farmasi menawarkan berbagai macam pekerjaan yang menarik dan bervariasi. “Kami bisa menjadi apoteker di apotek, ikut serta dalam penelitian obat baru, atau bahkan membantu mengelola sistem pengiriman obat di rumah sakit,” kata Dina, salah satu mahasiswa.

Selain itu, mahasiswa-mahasiswa ini juga melihat peluang dalam berkontribusi pada peningkatan kualitas hidup masyarakat melalui penyediaan obat yang berkualitas. Mereka merasa bahwa profesi mereka memiliki dampak yang signifikan dalam meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat. “Kami merasa bangga dapat membantu orang-orang memperoleh obat yang mereka butuhkan untuk memulihkan kesehatan mereka,” ujar Rani, salah satu mahasiswa.

Dalam menghadapi tantangan dan memanfaatkan peluang ini, mahasiswa-mahasiswa ini berbagi pengalaman mereka. Mereka menekankan pentingnya mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang farmasi dengan rajin membaca jurnal, mengikuti seminar, dan berpartisipasi dalam kegiatan akademik. Selain itu, mereka juga berfokus pada pengembangan keterampilan interpersonal dan kepemimpinan untuk sukses di dunia farmasi.

Dalam kesimpulan, dunia farmasi menawarkan tantangan yang kompleks namun juga peluang yang menarik. Mahasiswa-mahasiswa Sekolah Farmasi menyadari akan hal ini dan siap menghadapinya. Dengan mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta memperkuat keterampilan interpersonal dan kepemimpinan, mereka siap untuk menghadapi tantangan dan memanfaatkan peluang di dunia farmasi.

Referensi:
1. Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia. (2021). Peraturan Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2021 tentang Pedoman Penilaian Beban Kerja dan Kewenangan Tenaga Kefarmasian di Rumah Sakit.
2. Oktavia, D., & Suyatna, F. D. (2020). Tantangan Farmasi di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Farmasi dan Ilmu Kefarmasian Indonesia, 6(2), 105-111.
3. Pemerintah Indonesia. (2017). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 51 Tahun 2017 tentang Praktik Kefarmasian.
4. Saputra, A. A., & Rahayu, F. (2019). Profesi Apoteker dalam Mewujudkan Kesehatan dan Kesejahteraan Masyarakat. Jurnal Farmasi Klinik Indonesia, 8(3), 145-156.