Headlines

Salah satu keunggulan Sekolah Tanjungpinang adalah kurikulum yang inovatif dan berorientasi pada pengembangan karakter siswa. Selain mata pelajaran akademik yang standar, sekolah ini juga memberikan penekanan pada pengembangan keterampilan sosial, kepemimpinan, dan kewirausahaan. Hal ini bertujuan untuk membekali siswa dengan keterampilan yang relevan dalam menghadapi tantangan di dunia nyata.


Salah satu keunggulan Sekolah Tanjungpinang adalah kurikulum yang inovatif dan berorientasi pada pengembangan karakter siswa. Kurikulum ini tidak hanya memberikan pengetahuan akademik standar, tetapi juga memberikan penekanan yang kuat pada pengembangan keterampilan sosial, kepemimpinan, dan kewirausahaan. Hal ini bertujuan untuk mempersiapkan siswa dengan keterampilan yang relevan dalam menghadapi tantangan di dunia nyata.

Sekolah Tanjungpinang menyadari bahwa pendidikan tidak hanya tentang pencapaian akademik semata, tetapi juga tentang pengembangan karakter yang kuat. Oleh karena itu, mereka memiliki program yang dirancang khusus untuk membantu siswa mereka tumbuh menjadi individu yang berintegritas, bertanggung jawab, dan mampu beradaptasi dengan perubahan. Program ini melibatkan berbagai kegiatan di luar kelas yang dirancang untuk meningkatkan kemampuan sosial siswa.

Salah satu contoh kegiatan yang ditawarkan oleh Sekolah Tanjungpinang adalah program kepemimpinan. Melalui program ini, siswa memiliki kesempatan untuk belajar tentang kepemimpinan, bekerja dalam tim, dan mengembangkan keterampilan organisasi. Mereka diberi tanggung jawab untuk mengorganisir acara sekolah dan proyek komunitas, yang memungkinkan mereka untuk belajar tentang pengambilan keputusan, komunikasi efektif, dan kerja sama tim.

Selain itu, Sekolah Tanjungpinang juga memberikan penekanan pada pengembangan keterampilan kewirausahaan. Mereka mengajarkan siswa tentang inovasi, kreativitas, dan pemecahan masalah. Melalui program ini, siswa diberi kesempatan untuk mengembangkan ide-ide baru, merancang bisnis plan, dan mempresentasikannya kepada orang lain. Mereka juga diajarkan tentang manajemen keuangan dan pemasaran, yang merupakan keterampilan penting dalam dunia bisnis.

Tidak hanya itu, Sekolah Tanjungpinang juga menekankan pentingnya keterampilan komunikasi dan kolaborasi. Mereka mendorong siswa untuk aktif berpartisipasi dalam diskusi kelas, presentasi proyek, dan kegiatan kelompok. Dengan demikian, siswa belajar bagaimana berkomunikasi dengan baik, mendengarkan dengan penuh perhatian, dan bekerja sama dengan orang lain. Keterampilan ini sangat berharga dalam dunia kerja, di mana kemampuan untuk bekerja dalam tim dan berkomunikasi dengan efektif sangat dihargai.

Referensi:
1. Sekolah Tanjungpinang. (n.d.). Kurikulum. Diakses pada 20 Oktober 2021, dari
2. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Panduan Pengembangan Karakter Bangsa. Diakses pada 20 Oktober 2021, dari
3. Wibowo, A. (2020). Sekolah Harus Beri Porsi Kecakapan Hidup. Diakses pada 20 Oktober 2021, dari