Headlines

Mengenal Peluang Karir bagi Lulusan Sekolah Hukum di Indonesia – Artikel ini akan membahas berbagai peluang karir yang bisa dikejar oleh lulusan sekolah hukum di Indonesia, baik di sektor publik maupun swasta.


Sekolah hukum merupakan salah satu pilihan pendidikan yang diminati oleh banyak orang di Indonesia. Lulus dari sekolah hukum tentu membuka berbagai peluang karir yang menjanjikan di berbagai sektor, baik publik maupun swasta. Berikut adalah beberapa peluang karir yang bisa dikejar oleh lulusan sekolah hukum di Indonesia.

1. Advokat
Salah satu karir yang paling umum dikejar oleh lulusan sekolah hukum adalah menjadi seorang advokat. Advokat bertugas untuk memberikan bantuan hukum kepada klien mereka dalam berbagai kasus hukum. Untuk menjadi advokat, lulusan sekolah hukum perlu mengikuti ujian profesi advokat dan bergabung dengan perkumpulan advokat di Indonesia seperti Perhimpunan Advokat Indonesia (PERADI).

2. Hakim
Peluang karir lain yang bisa dikejar oleh lulusan sekolah hukum adalah menjadi seorang hakim. Seorang hakim bertugas untuk memutuskan perkara hukum di pengadilan. Untuk menjadi hakim, lulusan sekolah hukum perlu mengikuti ujian seleksi calon hakim yang diselenggarakan oleh Mahkamah Agung.

3. Notaris
Notaris adalah profesi yang bertugas untuk membuat akta otentik dan memberikan jasa hukum lainnya yang berkaitan dengan perbuatan hukum yang memerlukan kepastian hukum. Lulusan sekolah hukum yang ingin menjadi notaris perlu mengikuti pendidikan notaris dan lulus ujian notaris yang diselenggarakan oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

4. Pengacara Perusahaan
Lulusan sekolah hukum juga bisa mengejar karir sebagai pengacara perusahaan. Pengacara perusahaan bertugas untuk memberikan bantuan hukum kepada perusahaan dalam hal-hal yang berkaitan dengan hukum perusahaan. Perusahaan-perusahaan besar maupun kecil membutuhkan jasa pengacara perusahaan untuk mengurus berbagai permasalahan hukum yang dihadapi.

5. Legal Consultant
Legal consultant adalah profesi yang bertugas untuk memberikan konsultasi hukum kepada klien mereka dalam berbagai bidang hukum. Legal consultant dapat bekerja di perusahaan hukum atau mendirikan praktik hukum sendiri. Lulusan sekolah hukum yang memiliki pengetahuan yang luas dalam berbagai bidang hukum bisa menjadi legal consultant yang sukses.

Dengan begitu banyaknya peluang karir yang bisa dikejar oleh lulusan sekolah hukum, tidak mengherankan jika banyak orang memilih untuk mengejar pendidikan di bidang hukum. Namun, untuk sukses dalam karir hukum, lulusan sekolah hukum perlu terus mengasah keterampilan dan pengetahuan mereka dalam bidang hukum yang diminati.

Referensi:
1. “10 Profesi Hukum Menjanjikan di Indonesia”, hukumonline.com,
2. “Peluang Karir Lulusan Hukum di Indonesia”, hukumonline.com,
3. “Perkembangan Profesi Hukum di Indonesia”, kemenkumham.go.id,